Daftar Isi

APLIKASI TAHSIN

Banyak orang mengeluhkan merasa mengantuk setelah makan. apakah anda juga pernah mengalaminya? bukankah makan justru malah menambah energi? lantas mengapa justru rasa mengantuk yang muncul. biasanya rasa ngantuk muncul saat setelah kita makan makanan yang mengandung kabohidrat. pendapat lain mengatakan, kita mengantuk karena makan banyak karena aliran darah akan banyak masuk ke saluran pencernaan kita. makin banyak makanan yang kita konsumsi, makin banyak pula aliran darah yang mengalir ke saluran pencernaan kita. hal ini menyebabkan pasukan oksigen yang masuk ke otak berkurang, sehingga kita menjadi lemas dan mengantuk. nha namun bila kita tidur setelah makan ternyata ini akan sangat berrbahaya untuk kesehatan. karena itu dianjurkan untuk makan 3 jam sebelum tidur. dan berikut adalah bahaya jika kita tidur setelah makan.



1. Tenggorokan Terbakar
ini terjadi karena refluks asam. Gastro Esophageal Reflux Disease atau disingkan GERD yang merupakan nama lain dari refluks asam, adalah tidak menutupnya antara katup dan kerongkongan. hal ini memungkinkan asam lambung untuk menjalar ke tenggorokan yang menyebabkan sensasi tenggorokan terbakar. gejala ini merupakan gangguan dimana asam di lambung terdorong ke kerongkongan karena katup yang memisahkan perut dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. refluks asam terjadi karena orang menderita obesitas, hal ini karena pada orang gemuk, perut kelebihan beban sehingga ada tekanan pada katup otot diantara kerongkongan  dan perut terbuka. pada orang normal katup ini otomatis tertutup mencegah naiknya asam di lambung ke kerongkongan. refluks asam tidak terkontrol menyebabkan  esovagitis atau peradangan dari esovagus luka diperut anda dan kerongkongan yang mungkin mulai pendarahan.

2. Rasa panas di dada
pada awalnya berbaring setelah makan mungkin akan merasa nyaman. namun saat kita beristirahat sistem pencernaan akan bekerja keras. hal tersebut bisa meningkatkan asam lambung dan memicu sakit maag. terkadang juga bisa menimbulkan rasa panas dari perut dada dan tenggorokan. normalnya isi lambung atau maag akan kosong kembali sekitar 2 jam setelah kita makan. tapi jika kita tidur pada posisi berbaring maka kekosongan lambung atau maag akan terhambat. hal ini akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanan yang kita konsumsi. jadi sebaiknya jangan segera berbaring setelah makan. tunggu setidaknya 1 jam agar sebagian besar makanan sudah ke lambung menuju usus.

3. Berat Badan Naik
itu terjadi karena anda biasa makan saat larut malam sebelum tidur. selama tidur kecepatan sistem pencernaan akan melambat. makanya alasan untuk makan saat larut malam tidak dianjurkan karena enzim dan asam lambung yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi tidak akan aktif. sehingga bisa menumpuk kalori dalam tubuh. padahal untuk menurunkan berat badan tubuh kita harus membakar kalori lebih banyak dari kalori yang kita konsumsi. penimbunan makanan yang paling banyak adalah ketika kita tidur setelah makan. terjadi di bagian perut sehingga biasanya peut akan menjadi buncit. untuk menghindari rasa ngatuk setelah makan maka jangan makan terlalu kenyang. perbanyaklah jumlah asupan protein dan kurangi jumlah asupan kabohidrat. kurangi makanan bertepung dan mengandung gula seperti roti, pasta dan cacke. pilihlah sumber protein dengan lemak rendah seperti tahu, tempe, kacang-kacangan dan daging ayam tanpa kulit dan lain lain.

4. Serangan Stroke
ini adalah resiko paling bahaya bila tidur setelah makan. hasil penelitian yang dilakukan University of Loannina Yunani menemukan bahwa perilaku tidur setelah makan meningkatkan resiko serangan stroke. penelitian yang melibatkan500 responden orang sehat menemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai resiko terendah terkena stroke. ada 2 teori yang bisa menjelaskan penelitian ini.
 a. stroke terjadi karena kerasnya kerja sistem pencernaan kita yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah kadar gula darah dan kolesterol yang nantinya bisa memicu terjadinya stroke.

b. Relfuk asam yang terjadi jika kita tidur setelah makan mungkin akan terjadinya nafas terhenti selama tidur yang bisa menyebabkan serangan stroke.

No comments:

Post a Comment

CEBONG IRENG Site by Cebongireng CORP | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.